Senin, 19 Juli 2010

Kecerdasan emosi

Emotional Intelligence
Di
Tempat Kerja

Mengapa EQ di tempat kerja
• Aturan bekerja kini telah berubah kita dinilai berdasarkan tolak ukur bukan hanya dari tingkat kepandaian, tetapi seberapa baik kita mengelola diri dan berhubungan dengan orang lain.
• Aturan ini memungkinkan siapa menjadi bintang di tempat kerja dan siapa yang paling cenderung terpuruk
• Hal ini menjadi dasar nilai jual kita untuk pekerjaan saat ini dan masa yang akan datang

Kecerdasan emosi prioritas yang terlupakan
• Ketrampilan kecerdasan emosi adalah komponen vital dalam management perusahaan apapun
• Kecerdasan emosi harus menjadi landasan
• Kecerdasan emosi harus menjadi landasan mendasar pada setiap pelatihan management

Yang di inginkan pemberi kerja
• Mendengarkan dan komunikasi lisan
• Management pribadi, kepercayaan diri, Motivasi bekerja untuk meraih sasaran
• Efektif dalam kelompok dan antar pribadi, kerja sama dan diskusi dalam kelompok untuk memecahkan masalah
• Keinginan memberi kontribusi yang potensi

Yang di inginkan pemberi kerja
1. Ketrampilan berkomunikasi
2. Ketrampilan antar pribadi
3. Inisiatif
4. Wawasan yang luas
5. Saling percaya
6. Mampu bekerja sama dengan baik

Apa itu emosi diri
Emosi adalah hal yang begitu saja terjadi dalam hidup kita. Perasaan marah, takut, sedih, senang, benci, cinta, antusias, bosan, dan sebagainya adalah akibat dari hanya sekedar respon kita terhadap berbagai peristiwa yang terjadi.
Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri.
Kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan kecakapan sosial.
Ketrampilan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi antara lain misalnya kemampuan untuk memahami orang lain, kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dengan orang lain, keharmonisan, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, membentuk citra diri positif, memotivasi dan memberi inspirasi dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar